RSS

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Satu penelitian menemukan, mengunyah permen karet bebas gula dapat berdampak positif untuk kesehatan. Permen karet bebas gula dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi kerusakan gigi, dan membantu untuk berkonsentrasi.

Permen karet bebas gula mengandung pemanis dengan xylitol atau sorbitol. Kedua senyawa ini sering disebut poliol. Kandungan sorbitol pada permen karet bebas gula setara dengan 60 persen pemanis sukrosa tapi lebih sedikit sepertiga kalorinya. Kandungan poliol juga tidak akan diserap usus sehingga tidak menyebabkan lompatan kadar glukosa setelah dimakan. Tapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, polilol dapat menyebabkan diare.


Untuk mencegah sisi negatif dari mengkonsumsi permen karet bebas gula demi kesehatan gigi, para peneliti punya saran yang lebih aman. Peneliti menyarankan, dari pada mengandalkan permen karet bebes gula saja, sebaiknya sikat gigi dengan pasta gigi ber berfluoride untuk merawat dan mencegah kerusakan gigi dengan cara benar.

Jika dikonsumsi dengan benar, permen karet bebas gula bisa menjaga kesehatan gigi. Mengunyah permen karet akan meningkatkan aliran liur dari bawah mulut. Liur tersebut akan bantu menetralkan dan mencairkan asam yang dapat memecahkan bakteri yang biasanya hidup di sekitar gigi dan gusi.

Asam ini akan bertahan di mulut selama 20 menit setelah makan. Asam tersebut akan larut dengan hidroksiapatit berkarbonasi, bahan utama enamel gigi. Dengan adanya asam tersebut, produksi air liur juga akan semakin banyak sehingga gigi lebih sedikit terjadi erosi ketika mengunyah.

Meski begitu, karena mengkonsumsi permen karet mendorong seseorang untuk selalu mengunyah, akan berbahaya bagi kesehatan rahang. Terlalu banyak mengunyah dapat meningkatkan keausan pada tulang rawan di rahang dan memperburuk masalah rahang.

Selain karena kandungan dalam permen karet, kegiatan mengunyah permen karet juga bermanfaat bagi tubuh, misalnya:

1. Membantu kinerja otak
Proses mengunyah permen karet dapat melancarkan aliran darah menuju otak, sehingga seluruh bagian otak akan mendapatkan suplay energi yang cukup. salah satunya bagian otak yaitu Hippocampus yang digunakan untuk menyimpan memori atau ingatan. Mengunyah permen karet akan membantu kinerja otak untuk dapat mengingat lebih baik.

2. Menahan rasa lapar
Bagi orang yang sedang berdiet, permen karet bisa menjadi pilihan sebagai penahan lapar yang bagus. Dengan mengunyah permen karet kita akan memanipulasi perut kita seakan sudah makan banyak sehingga kita tidak akan merasa lapar lagi.

3. Memperbaiki pencernaan
Mengunyah permen karet dapat membantu menjaga tingkat keasaman lambung yang disebabkan produksi air liur yang banyak.

4. Kecantikan wajah
Permen karet juga berguna untuk menjaga kecantikan wajah cukup dengan mengunyah permen karet selama 15 menit per hari. Karena mengunyah akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Sumber :
http://www.pulsk.com/603215/Sehatkah-Mengkonsumsi-Permen-Karet.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Unknown mengatakan...

informasinya menarik dan lengkap . makasih :)

Unknown mengatakan...

mudah dipahami hanya saja tulisannya kurang menarik.. terima kasih

SCIENCESLICE mengatakan...

nice posting. ternyata permen karet memberikan manfaat juga ya. thank you

Unknown mengatakan...

informasi yang bagus.. menarik juga...

Unknown mengatakan...

Artikel yg sangat menarik.bisa nambah wawasan.makasi udah memposting :-)

Posting Komentar